Rabu, 01 Juni 2011

Untuk Obat Terkilir

  • Rabu, 01 Juni 2011
  • Nuril
  • Tahukah Anda, futoi, yang habitat aslinya di Amerika, Eropa, dan Asia ini juga merupakan tanaman obat? Ya, futoi bisa dimanfaatkan sebagai obat terkilir, keseleo, dan antiradang.

    Secara empiris, sejak zaman dulu masyarakat Jawa secara turun-temurun menggunakan futoi untuk mengobati itu. “Bukan untuk luka terbuka, lho, tapi untuk luka dalam. Juga bukan obat minum!” terang Sukatno.

    Cara pemanfaatan futoi sangat sederhana, meski tak ada tolok ukur pasti dalam penggunaannya. Segenggam batang futoi ditumbuk, lalu ditempelkan di bagian yang terkilir secukupnya.

    Bila rasa sakitnya belum hilang, bisa berkali-kali memakai futoi. Ketika futoi tumbuk yang ditempelkan ke badan sudah kering, bisa diganti yang baru. “Belasan kali ganti tumbukan dalam sehari juga boleh. Tetap aman, karena tidak diminum, jadi tak ada kejadian overdosis,”

    Agar manfaatnya dirasakan secara maksimal, gunakan futoi berbatang kurus, bukan yang berbatang gemuk. Futoi berbatang gemuk bisa dimanfaatkan sebagai obat, tapi khasiatnya tak sebesar yang berbatang kurus. Senyawa aktif yang berguna untuk mengobati keseleo dalam futoi berbatang gemuk memang tetap ada, tapi kadarnya lebih sedikit dibandingkan futoi berbatang kurus.

    0 Responses to “Untuk Obat Terkilir”

    Posting Komentar

    Untuk Obat Terkilir
    Blogger Template by Terbaru Hari Ini